Cara Mengontrol Ruang Penyimpanan Data WhatsApp

Cara Mengontrol Ruang Penyimpanan Data WhatsApp

Whatapps merupakan sebuah aplikasi chatting paling populer di seluruh dunia. Aplikasi ini memberi kemudahan bagi para pengguna untuk berchatting ria, membuat story dan hal-hal lain yang tak kalah menarik. Mungkin aplikasi whatapps ini memiliki ukuran yang kecil. Namun, ketika aplikasi ini sudah digunakan tentu saja akan mengembang dari ukuran semula.

Kadang pula ukuran dari whatapps ini paling besar diantara aplikasi yang lain. Hal ini di karenakan chatting dan story yang pernah kita buat tersimpan secara otomatis di file manager kita. Pada artikel kali ini kami akan memberitahu Cara Mengontrol Ruang Penyimpanan Data WhatsApp dengan beberapa langkah yang mudah diikuti.

Cara Mengontrol Ruang Penyimpanan Data WhatsApp

Cara Mengontrol Ruang Penyimpanan Data WhatsApp

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisa mengontrol ruang penyimpanan data pada aplikasi whatapps supaya tidak cepat penuh. Karena ketika ruang penyimpanan data tersebut penuh, maka secara otomatis akan mengurangi kapasitas memori internal atau memori telepon dari ponsel android mu. Adapun untuk caranya, berikut ini beberapa Cara Mengontrol Ruang Penyimpanan Data WhatsApp.

1. Bisukan Grup Whatapps

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar membuat ruang penyimpanan data di whatapps bisa terkontrol adalah dengan membisukan notifikasi dari grup whatapps. Dengan kamu membisukan notifikasi, maka pemberitahuan apabila ada chat masuk pada grup tersebut bisa di redam. Terlebih ketika grup tersebut selalu ramai dengan obrolan yang tidak jelas. Maka alangkah baiknya kamu bisukan saja notifikasinya.

Ada beberapa pilihan waktu membisukan notifikasi whatapps, mulai dari 8 jam, 1 minggu dan juga 1 tahun. Dan satu pilihan yang paling tepat kamu pilih apabila kamu rasa grup tersebut tidak terlalu penting dan juga kamu tidak ada keperluan tertentu untuk tetap berada di grup whatapps tersebut adalah kamu keluar dan hapus isi percakapan pada grup whatapps. Maka memori whatapps bisa lebih terkontrol jika kamu melakukan hal tersebut.

2. Mengatur privasi

Masih ada kaitan dengan grup whatapps, sebelum whatapps mengeluarkan kebijakan baru. Dulu ketika ada seseorang yang ingin memasukan kamu ke grup whatapps, maka kamu secara otomatis akan masuk begitu saja. Tanpa harus menunggu konfirmasi apakah kamu setuju atau tidak. Lain dulu lain sekarang. Whatapps mengeluarkan kebijakan privasi terbaru pada bulan November 2019 yang lalu.

Kebijakan privasi ini memberi kebebasan untuk kamu memilih apakah masuk atau tidak pada grup whatapps apabila ada seseorang yang hendak memasukan kamu. Adapun untuk cara melakukan hal tersebut adalah dengan kamu masuk ke menu privasi. Di dalam menu tersebut kamu klik opsi grup. Akan muncul beberapa pilihan yang di perbolehkan untuk menambahkan kamu ke sebuah grup whatapps.

Kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan kamu. Beberapa pilihan tersebut antara lain adalah  semua orang, kontak saya, kecuali kontak saya. Kamu bisa salah satu dari ketiga pilihan yang ada pada menu privasi tersebut.
Cara Mengontrol Ruang Penyimpanan Data WhatsApp

3. Tidak Menyimpan Otomatis

Biasanya ketika ada pesan berupa gambar akan secara otomatis terbuka dan langsung tersimpan di file manager. Hal seperti ini yang menyebabkan memori penyimpanan membengkak. Kamu harus mengatur agar pesan gambar atau video tidak tersimpan secara otomatis. Kamu hanya perlu klik ikon titik tiga di halaman beranda whatapps, kemudian klik pengaturan dan penyimpqn data. Kamu atur pada halaman tersebut.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk Mengontrol Ruang Penyimpanan Data WhatsApp sehingga dapat menghemat penyimpanan memori internal hp.

Tinggalkan komentar