Cara Menghindari Penipuan Melalui WhatsApp

Penipu di zaman sekarang memiliki intrik yang canggih dan kadang membuat kita terlena sehingga terjebak dan kita di rugikan karena ulah mereka. Penipuan berbasis online sudah merambah ke situs atau aplikasi chatting seperti halnya whatapps. Penipuan tersebut biasanya memiliki template atau pattern yang sebenarnya bisa kita ketahui secara sekilas.

Biasanya mereka memberi tautan link di chatting atau kadang pula berpura-pura memberikan diskon yang tidak masuk akal pada chat tersebut. Agar kamu tidak mengalami kerugikan, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan bagaimana Cara Menghindari Penipuan Melalui WhatsApp. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penipuan di whatapps dengan lebih hati-hati.

Cara Menghindari Penipuan Melalui WhatsApp

Cara Menghindari Penipuan Melalui WhatsApp

1. Mengamankan Privasi Whatapps

Tips yang pertama agar kamu bisa terhindar dari penipuan melalui aplikasi whatapps adalah dengan menambah keamanan yang berkaitan dengan privasi akun whatapps mu. Semisal kamu mengatur siapa saja orang yang bisa melihat foto profil mu, kapan terakhir kamu online, status whatapps, aktivasi centang biru dan lain sebagainya. Dengan begitu maka orang asing tidak dapat mengetahui hal paling dasar dari interaksi whatapps.

Jangan lupa juga kamu atur privasi grup. Yaitu kamu bisa mengkonfirmasi permintaan yang ingin memasukan kamu ke sebuah grup whatapps. Dengan begitu maka orang asing tidak akan langsung memasukan kamu ke suatu grup yang sebenarnya tidak kamu kehendaki. Adapun cara mengatur hal tersebut adalah dengan klik titik tiga yang berada di sebelah kanan pojok paling atas. Kamu atur privasi di menu setelan tersebut.

2. Verifikasi Dua Langkah

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari penipuan di whatapps adalah dengan melakukan seting pada fitur verifikasi dua langkah. Cara tersebut tak hanya akan mengamankan akun mu dari peretasan, namun dapat menghindarkan kamu dari penipuan. Adapun cara mengaktifkan fitur tersebut sangatlah mudah. Yang pertama kamu klik ikon titik tiga berwarna putih yang berada di pojok atas sebelah kanan.

Kemudian kamu masuk ke menu setelan atau pengaturan. Setelah itu klik menu akun. Pada menu akun tersebut ada beberapa opsi lain dan kamu pilih serta klik opsi dengan tulisan verifikasi dua langkah. Terakhir kamu klik aktifkan. Maka kamu sudah bisa terhindar dari penipuan dan peretasan akun whatapps.

3. Jangan Kampungan

Ini tips yang paling penting sebenarnya. Ketika kamu mendapatkan pesan dengan iming-iming manis yang menggoda dan menggiurkan, kamu jangan lantas langsung tertarik sehingga kamu tidak sempat menggunakan akal sehat mu. Koreksi terlebih dahulu si pengirim pesan tersebut. Kamu jangan langsung mengiyakan dan melakukan transfer untuk transaksi tersebut.

Sebenarnya sangat mudah mengetahui hal tersebut penipuan atau bukan. Semisal itu merupakan penawaran produk, kamu bisa cek harganya. Jika harga yang di tawarkan miring dan murah sekali, kamu jangan langsung tergoda. Karena bisa saja itu penipuan. Yang penting kamu jangan kampungan dan mudah tergoda.

4. Hati-Hati

Yang tak kalah penting agar kamu terhindar dari penipuan di whatapps adalah kamu harus tetap hati-hati. Hati-hati dalam segala hal. Semisal ada orang yang mengirim link tautan, kamu jangan langsung klik tautan tersebut meski tulisan yang di sertakan sangat menggoda. Lebih baik jangan. Kamu harus hati-hati.

Nah itulah beberapa Cara Menghindari Penipuan Melalui WhatsApp yang bisa kamu lakukan, sehingga kalian tidak menjadi korban dari penipuan yang sedang marak melalui WA.

Tinggalkan komentar