Cara Menghindari Pencurian Identitas Secara Online

| |

Kejahatan di dunia cyber semakin menggila. Kejahatan tersebut memang tidak melukai secara fisik. Namun kejahatan cbyer sama bahayanya dengan kejahatan di dunia nyata. Salah satu cyber crime tersebut adalah pencurian data diri atau identitas. Para penjahat tersebut akan mencuri identitas pribadi seseorang dan kemudian menggunakan untuk berbagai hal yang merugikan korban.

Karena itu kejahatan cyber ini sangat berbahaya. Kamu harus mengamankan identitas mu agar tidak di retas oleh luar jaringan yang akan merugikan diri sendiri. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan kepada kamu bagaimana Cara Menghindari Pencurian Identitas Secara Online, sehingga semua data yang kalian simpan di smartphone lebih aman.

Cara Menghindari Pencurian Identitas Secara Online

Cara Menghindari Pencurian Identitas Secara Online

1. Share Identitas Secukupnya

Cara pertama agar data dan identitas pribadi mu tidak di curi atau di retas adalah kamu harus membagikan informasi tentang pribadi dirimu secukupnya saja. Kita ambil contoh media sosial facebook. Di facebook sendiri terdapat beberapa kolom semisal mengisi tanggal lahir, tempat tinggal, hal-hal yang menjadi favorit, sekolah dan lain sebagainya.

Mungkin hal tersebut di nilai simpel dan sederhana sehingga kamu anggap itu tidak akan menimbulkan masalah yang besar. Tapi jangan salah. Justru hal tersebut bisa menjadi blunder jika kamu terlalu vulgar atau menjelaskan data pribadi mu secara lengkap di media sosial. Kamu tidak mengetahui secara pasti bagaimana cara kerja peretas akun media sosial tersebut.

Maka, untuk menghindari apa yang kamu cantumkan di wall media sosial tersebut dijadikan sebagai alat meretas situs mu, lebih baik kamu mencantumkan identitas secukupnya. Atau lebih baik lagi jika kamu tidak mencantumkan sedikitpun identitas tersebut di wall media sosial mu agar lebih aman dari peretasan akun.

2. Password Media Sosial

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghindari akun media sosial milik mu di retas para hacker atau cyber crime adalah dengan membuat kata sandi atau password yang kuat dan unik. Biasanya semua media sosial menyarankan untuk menggunakan kata sandi dengan kombinasi huruf, angka dan juga karakter atau symbol yang tertera di keyboard. Hal ini agar lebih mengamankan akun media sosial milik mu.

Kamu jangan pernah sesekali membuat kata sandi akun media sosial mu dengan menggunakan tanggal lahir. Karena hal semacam ini mudah sekali di tebak oleh peretas. Terlebih ketika di media sosial mu tersebut terdapat keterangan tanda lahir. Maka jelas itu akan memudahkan pekerjaan dari peretas yang membahayakan data diri mu tersebut.

3. Jangan Klik Link

Cara Menghindari Pencurian Identitas Secara Online Cara Menghindari Pencurian Identitas Secara Online

Salah satu penyebab banyak akun di retas di media sosial adalah pengguna tersebut mengklik tautan link yang tidak jelas. Biasanya tautan link tersebut menggoda pengguna media sosial dengan iming-iming semisal konten pornografi, hadiah yang menarik dan lain sebagainya.

Ketika link tautan tersebut di klik, maka para hacker telah mengantongi data identitas dari pengguna media sosial tersebut. Setelah itu biasanya akun media sosial tersebut sudah berhasil di hack sehingga bisa digunakan oleh peretas tersebut melakukan kejahatan cyber yang akan membuat kamu rugi. Maka dari itu, jangan pernah kamu secara sengaja mengklik link tautan yang tidak jelas sumbernya. Karena hal tersebut sangatlah berbahaya.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa terhindar dari pencurian data atau identitas secara online oleh peretas luar jaringan.

 

 

Previous

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp Yang Dibajak

Cara Mencadangkan Data Smartphone Sebelum Reset Pabrik

Next

Leave a Comment