Cara Mencadangkan Data Smartphone Sebelum Reset Pabrik

| |

Ada banyak sebab seseorang memutuskan untuk melakukan reset ponsel androidnya. Salah satunya adalah karena ponsel sudah mulai tidak optimal dan lambat dalam memproses perintah. Ada tahapan sebelum seseorang mereset ponselnya. Tahapan tersebut adalah mencadangkan atau back up file-file di ponsel tersebut agar tidak hilang dan terhapus ketika ponsel di reset.

Mencadangkan file ponsel android sebenarnya tidak terlalu sulit dilakukan. Pada artikel kali ini kami akan memberikan tips dan juga Cara Untuk Mencadangkan Data Smartphone Sebelum Reset Pabrik. Berikut ini adalah Cara Mencadangkan Data Smartphone Sebelum Reset Pabrik yang lebih detail dan bisa kalian praktekan sendiri.

Cara Mencadangkan Data Smartphone Sebelum Reset Pabrik

Pengertian Backup Data

Sebelum membahas lebih detial tentang cara mencadangkan file, terlebih dahulu perlu kamu ketahui pengertian dari back up data itu sendiri. Karena tanpa kamu mengetahui pengertian back up, maka kamu kurang dapat memahami dengan benar dan sebagaimana mestinya. Secara sederhana, back up bisa diartikan sebagai menyalin data dari perangkat ke perangkat lain.

Dalam permasalahan ponsel android, back up data bisa dilakukan secara online. Dalam artian, data dari satu perangkat di salin atau di cadangkan ke perangkat penyimpanan awan. Dengan menyalin data, maka akan dapat menghindari kehilangan data tersebut secara permanen apabila terjadi kerusakan pada perangkat ponsel android mu.

Karena itulah ada baiknya kamu melakukan back up data secara berkala. Semisal kamu memasukan data baru di ponsel, maka saat itu juga kamu harus melakukan back up data tersebut. Ketika data tersebut sudah kamu cadangkan, maka ketika kamu ganti perangkat kamu masih bisa mengakses data dari perangkat yang lama.

Cara Mencadangkan Data Smartphone Sebelum Reset Pabrik

Cara Mencadangkan Data Smartphone Sebelum Reset Pabrik Cara Mencadangkan Data Smartphone Sebelum Reset Pabrik

Setelah kamu mengetahui pengertian dan info sekilas tentang back up data, berikutnya akan kami jelaskan beberapa Cara Mencadangkan Data Smartphone Sebelum Reset Pabrik. Simak ulasan yang ada di bawah ini.

1. Local Backup

Yang pertama adalah local backup. Local backup ini adalah kamu bisa mencadangkan data dari perangkat mu tersebut sebelum melakukan reset pabrik. Biasanya beberapa ponsel android memiliki fasilitas untuk melakukan backup data tersebut. Adapun untuk cara melakukan pencadangan data dengan local backup adalah kamu klik menu pengaturan.

Setelah itu kamu masuk ke menu sistem. Pada menu sistem tersebut kamu pilih dan klik backup and reset. Setelah itu kamu pilih opsi back up data secara lokal. Local backup ini akan mencadangkan beberapa file semisal pengaturan sistem, akun, aplikasi dan lain-lain secara otomatis sehingga kamu tidak perlu melakukan backup secara manual.

2. Google Backup

Cara kedua adalah dengan menggunakan fitur Google Backup. Semua merk ponsel android biasanya menyediakan fitur Google Backup tersebut. Kamu hanya perlu masuk ke menu pengaturan atau setelan. Pada menu tersebut kamu klik sistem, kemudian pilih dan klik backup dan reset. Langkah selanjutnya kamu klik Google Backup.

Jika Google Backup telah kamu aktifkan, maka secara otomatis ponsel android mu akan memproses pencadangan data tersebut. Adapun beberapa data yang bisa dicadangkan antara lain adalah pasword wifi, histori telepon, data aplikasi dan beberapa data yang lain. Kamu juga bisa memindahkan data yang telah di backup ke perangkat baru. Hanya saja, dengan menggunakan Google Backup akan lebih boros kuota.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk Mencadangkan Data Smartphone Sebelum Reset Pabrik dengan 2 metode yang paling mudah digunakan.

 

Previous

Cara Menghindari Pencurian Identitas Secara Online

Cara Menghindari Penipuan Melalui WhatsApp

Next

Leave a Comment